Perkembangan ilmu Pengetahuan dan tehnologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil tehnologi dalam proses belajar. Para pendidik dituntut agar mampu menggunakan media yang dapat disediakan oleh sekolah dan tidak tertutup kemungkinanan bahwa media tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Media merupakan alat, metode dan tehnik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara pendidik dan peserta didikdalam proses pendidikandan pengajaran disekolah.Didalam proses belajar mengajar dilingkungan pendidikan diperlukan adanya mediaperencanaan yang baik.
Manfaat media dapat menarik peserta didik,bahan pelajaran lebih jelas, memudahkan pendidik dalam penyusunan metode belajar, sedangkan dilihat dari tujuan media perencanaan adalah agar dapat menentukan metode media pendidikan apa yang akan digunakan oleh pendidik dalam membimbing kegiatan belajar peserta didik,dapat menentukan media yang baik yang akan digunakan dan lebih mempermudah pendidik untuk menyampaikan materi kepada peserta didik agar lebih mudah dipahami. Ciri-ciri media yang paling utama adalah Media Pendidikan adalah semacam alat bantu belajar mengajar, baik dalam kelas maupun diluar kelas. Untuk jenis-jenis media dapat dikelompokkan menjadi media hasil tehnologi cetak, media hasil tehnologi audio visual,media hasil tehnologi berdasarkan computer dan media hasil tehnologi gabungan cetak dan computer.
Perencanaan media memiliki peranan yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar guna memilih media dengan memperhatikan beberapa criteria diantaranya: ketepatan dengan tujuan pembelajaran, dukungan terhadap isi bahan pelajaran, kemudahan memperoleh media, ketrampilan pendidik dalam menggunakan media, ketersediaan waktu untuk menggunakan media dan taraf berpikir peserta didik.
Minggu, 13 Juni 2010
Pengalaman dalam micro teaching
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar